Posted by: Bang Bob | September 28, 2009

Sedikit Angin Untuk Surabaya

Kamu terjebak di suatu tempat mewah di belahan bumi tropis. Kamu punya segalanya untuk dibanggakan. Kamu bisa makan sambil main komputer. Kamu bisa ngupil sambil sms-an. Tapi kamu ngerasa ada yang kurang. Ada yang kurang saat ini di tempat kamu berada. Rasanya ada yang sudah lama hilang dari sini. Gila guys! Aku ngerasa kehilangan angin. Angin alami. Angin sejuk.

Perasaan itu tiba-tiba menyeruak seketika aku turun dari travel. Ya, aku baru menikmati goyangan smooth si travel kurang lebih 3,5 jam. Dari Surabaya sampe Kediri. Bertiga sama mama, sama eyang. Mulai Jumat (25/09) sampe Minggu (27/09). Mumpung masih dalam batas libur lebaran. Yes, petualangan kali ini mengunjungi Kediri, the city of soybean. *Halaah*

Dijemput travel jam 12.30, sehabis Jumatan. Trus keliling Surabaya Selatan untuk jemput penumpang sisanya. Resmi keluar Surabaya kira-kira jam 13.30. For your information, berhubung masih dalam cakupan libur lebaran, ongkos travelnya jadi 70.000 rupiah. Kalo hari-hari biasa si cuma kena 55.000. Sampe Kediri tu langsung disuguhkan kue lebaran. Eeeh, bukan. Tapi disuguhkan sesuatu yang luar biasa. Sesuatu yang fenomenal. Mengguncang dunia persilatan. Suguhan itu adalah umbul-umbul Mentari sama Telkomsel Siaga yang berkibar indah tertiup angin! YA!!! ANGIN SODARA-SODARA!!!

Angin Kediri Yang Bikin Iri

Angin Kediri Yang Bikin Iri

Oiya! Selama perjalanan 3,5 jam itu, jalur Surabaya ke arah Selatan cukup lancar. Kadang-kadang sedikit memadat tapi tetep bisa jalan. Nggak sampe macet cet. Alhamdulillah nggak terlihat kecelakaan kendaraan, yang nampaknya marak lagi selama arus mudik dan arus balik.

Padat Setelah Bypass Mojokerto

Padat Setelah Bypass Mojokerto

Catatan lainnya, selama perjalanan 3,5 jam -tapi waktu waktu resminya 2,5 jam soalnya muter-muter jemput penumpang sekitar 1 jam- itu ternyata nggak lewat jalur biasanya, Surabaya-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Kediri. Tapi kemaren si sopir lewat jalan pintas alias jalur alternatif. Jadi sebelum masuk Jombang, kita dilewatin ke Mojoagung-Ngoro-Pare trus sampe Kediri. Viewnya mantap. Sawah ijo. Ada siluet bukit. Sungai kecil yang ngalir deres. Berasa sejuk ngeliatnya.

View Jalur Alternatif Mojoagung

View Jalur Alternatif Mojoagung

Oke. Balik ke masalah angin. Sebagai seorang insinyur, muncul lah pemikiran-pemikiran sederhana untuk menganalisa “kok bisa sampe nggak ada angin di Surabaya?”. Kalo kamu masuk gedung ber-AC, jelas sejuk. Sering kali kalo nongkrong, nggak peduli itu malem atau siang bahkan di bawah pohon rindang, nggak ada angin yang mau membelai kita. Ini kah hukuman global warming?

Bayangkan efek domino dari usaha kita untuk medapatkan kesejukan! Kalo pake kipas sate si nggak masalah. Lha kalo pake kipas angin, kita pake listrik, sedangkan energi sekarang mulai sedikit. Apalagi AC, efek si freon sangat nggak bagus buat ozon, pelindung kita dari kanker kulit. Bumi mulai tua, guys! Cuma ngingetin aja. Aku nggak mau sok-sokan juga. Ada juga share cerita tentang tas kresek.

Ayo bertindak! Setidaknya, kasi lah sedikit angin untuk Surabaya. Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, mulai dari SEKARANG! Let’s go green and stop global warming! MTV gue banget! *lhaa..?!*

Advertisements

Responses

  1. Bob, sby tuh terkutuk..wkwkwkw…

    dah gak pernah ujan bertahun2, panas, gerah, gak ada angin kyk km bilg.

    tp orgnya ramah2 kayak km kok..hehehehe..

    gak macam di medan, semua pgn makan org…wkwkwkw..

    tp sekali jln2 ke t4ku bob, disana juga masih banyak sawah, lebih luas..ntr bsa juga ngeliat lautan sawit n lautan karet

    • Nggak tau deh, Ded. Kalo masalah panas, Surabaya nomer satu deh kayaknya, sengadelawan hehee..

      Yoi Ded, pengen maen-maen ke Sumut ni. Ngumpulin sangu dulu 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: