Posted by: Bang Bob | March 31, 2010

Catatan Selama Jadi Orang Sibuk

Halo sodara!

Apa kabar? Piye kabare? Kumaha kabarna? Aga karebah? How are you? Alhamdulillah yang di sini selalu sehat wal afiat.

Habis mati suri lagi nih blognya. Hadehh. Maaf-maaf nih ya. Sebelumnya aku mau ngasi tau dulu kalo memang aku ini orangnya sok-sokan banget. Akhir-akhir ini suka sok sibuk. Bahkan untuk mengupil aja gak sempet! Oh Gosh! Maklum, lelaki suka susah kalo disuruh multitasking *ngeles*.

Sudah-sudah. Mari kita membahas yang lain.

Aku malu nih. Malu soalnya belum ngedapetin si “jodoh” yang dicari. Usaha sudah pol nih. Cuma memang kehendak Yang Maha Kuasa adalah hal yang akan menentukan akhir dari petualangan pencarian jodoh ini. Dan, memang sampe saat ini jawabannya adalah belum. Tak ‘kan lari gunung di kejar. Beda lagi kalo maling. ๐Ÿ˜›

Tepat minggu depan aku mau ikutan tes medical check-up (medcek). Salah satu tahapan tes kerja untuk masuk ke salah satu perusahaan BUMN di Indonesia. Tak terasa memang. HAHAHAHAHA *ketawa sombong*. Maka dari kemudian halnya akan tetapi meskipun itu, mulai pagi tadi aku tetapkan sebagai hari hidup sehat sedunia. Sebenernya bukan cuma mulai hari ini sih, tapi udah seminggu yang lalu. Karna undangan tes medceknya udah dari seminggu yang lalu. Setelah dikasi tau temenku kalo aku lolos trus diundang medcek, senang dan gelisah campur baur menjadi satu. Tambahin telor 2 butir sama tepung bisa jadi roti. Senang karna senang akhirnya lolos dari tes yang kemaren. Gelisah karna kepikiran “apa iya aku bener-bener sehat meskipun jarang sakit”. Jeddeeerrrr!!! Aaauuwww!!! *pintu kebanting, jempol kecepit*

Seminggu yang lalu, ketika aku masih sok-sok sibuk bahkan untuk berkedip pun tak mampu, aku mulai searching-searching di internet tentang kolesterol, asam urat, diabetes, darah tinggi, dan sejenisnya. Ya. Aku rasa secara fisik memang aku sudah tampak sehat. Secara hobby, kegiatanku selama ini sudah masuk kategori sehat juga kecuali kalo pas blogwalking dini hari. Tapi apa tubuh ini sudah mengandung zat-zat yang sehat pula?!

Berdasarkan info yang aku dapet dari salah satu dosenku, alumni kampusku banyak yang gagal di tahap medcek karna mereka mayoritas pada berkolesterol tinggi semua. Analisisku adalah karna mereka terlalu sering makan “penyetan” ayam dan bebek yang memang banyak bertebaran di sekitar kampus, mulai pagi hingga pagi lagi. Setelah fokus searching via internet, aku menemukan salah satu sumber yang mantap di sini. Bebek sudah lama terkenal mengandung kolesterol tinggi, apalagi kalo dimakan sama kulitnya. Bbbeehh! Nggak sehat!

Selain bebek, makanan sehari-hari, terutama makanan anak kos-kosan, yang rawan berkolesterol antara lain adalah: kuning telor, aneka seafood (cumi, udang, kerang) kecuali ikan, santan, telor puyuh, daging bergajih, dan jeroan. Produk susu olahan, antara lain susu cream, keju, cokelat, es krim, trus sosis, dan mentega juga masuk rawan kolesterol. Kalo yang tentang diabetes, tinggal mengurangi kadar gula dalam setiap makanan dan minuman yang mau kita konsumsi. Wow men! Sekarang aku jadi milih-milih makanan sedemikian rupa demi akhir pencarian “jodoh”.

Selain makanan-makanan tadi, ada juga beberapa makanan dan aksesoris makanan yang kurang baik kalo di makan berlebihan, mereka adalah kangkung, daging kambing, dan sambel. Ada juga tips-tips yang oke untuk jaga kesehatan tubuh kita, yaitu: jangan begadang kalo tiada artinya, jangan suka kelayapan malem-malem naik motor (apalagi tanpa pake jaket), jangan suka membaca di tempat gelap karna gak bakal keliatan bukan?!, jangan suka mandi malem-malem, jangan suka tidur di lantai tanpa alas, dan jangan suka ngemutin receh cepekan.

Dan akhirnya, selama seminggu lalu hingga seminggu ke depan, menu makananku diatur seperti ini sehingga jadi nampak seperti menu sehat *hehehe*:

*Pagi adalah waktunya susu sereal sama roti atau bubur gandum.

*Siang, nasi secukupnya (FYI, nasi mengandung gula, jadi porsi nasi jangan berlebihan), sebisa mungkin pake sayur (serat itu baik untuk menyerap kolesterol), lauknya kalo nggak tahu-tempe ya ikan, sama lauk-lauk non kolesterol. Minumnya boleh air putih atau teh yang mondo-mondo (tawar tapi nggak tawar dan nggak terlalu manis banget).

*Malem, mirip sama menu siang tapi lebih dikit lagi porsinya karna bakal ketambahan buah satu jam setelah makanan inti. Minumnya air putih. Kalo bisa sudah selesai sebelum jam 9 malem.

Sarapan Favorit Belakangan Ini

Sarapan Favorit Belakangan Ini

Semoga segala pengorbanan ini akan menuai hasil yang mendekati sempurna. Amin!

Sapa aja yang lagi baca ini, kasi tips-tips tambahan donk untuk mensiasati medcek minggu depan! Atau kasi daftar kuliner tambahan yang “bahaya” yang belum aku catet. Thanks before! Salam sehat sodaraku!

Advertisements

Responses

  1. SELAEN MAKAN BERGIZI DAN ISTIRAHAT,JANGAN LUPA OLAHRAGA APALAGI BERMAIN TENNIS PASTI LEBIH MANTABZ..
    OKEY ..

    • Bro, hari ini, tanggal 31 Maret, happy birthday my bro! ๐Ÿ˜€

      oiya bener banget, Mus! olahraga itu pasti.. okey bro! thanks! doaken saya ya..

  2. Bang Bob! moga sukses ya medceknya!
    Betul, harus jaga makanan & rajin2 olahraga… Tapi moga gaya hidup sehatnya gak berakhir setelah medcek ๐Ÿ˜€

    • AMIN!

      jaga makanan & olahraga.. siaapp ndan!!
      hehe, insyaAllah gaya hidup sehatnya bakal berlanjut teruuusss.. ๐Ÿ˜€

  3. Makan telur setengah mateng, katanya bagus bwat stamina.

    • naah.. ini dia info barunya!
      thanks infonya, hakuhani!
      *sekate-kate nyingkat nama orang*

      • selaen stamina bagus juga buat VITALITAS,hahaha

  4. waa..akhirnya datang jugaa..beberapa kali kesini, postingannya ga apdet2, heuh..
    kangeenn bob, hihihihi..

    wiw uda sampe tahap medcek, sukses yaa..sebelum medcek jangan minum obat apapun bob, takutnya pas periksa darah ada kandungan obat2an nya..mudah2an lancar dan sehat jayaa ๐Ÿ˜€

    BUMN loh, mantabs ni bang bobs, jgn lupa mkn2nya yah klo dapet..amin ๐Ÿ™‚
    btw, dijakarta kan?

    • haloo Dev!
      biasa.. sok sibuk! *klise*

      hoooiya.. setuju! gak boleh ngobat ato minum multivitamin apapun.. biar gak mencurigakan hasilnya ntar.. sipp! ๐Ÿ˜€

      mohon doanya ya Bu Devi!! *berlutut nyembah2* ๐Ÿ™‚

      btw, ni posisi lagi di Sby..

  5. bener sob, kulit bebek katanya memang mengandung kolesterol banyak banget.. selain itu katanya telor puyuh juga kalo bisa dikurangi.. hehe..
    semoga segera ketemu jodoh ya sob.. ๐Ÿ™‚

    • AMIN!!!

      bener, telor puyuh ternyata juga masuk kategori bahaya.. hmm,.

      thanks eniwei sob! ๐Ÿ™‚

  6. kencengin do’anya…
    serius
    kadang hal-hal ajaib terjadi
    ๐Ÿ˜‰

    • setuju!
      sesuatu yang tak kasat mata pasti ikut berperan, mbak!

      matur nuwun mbak! ๐Ÿ™‚
      salam “fresh style with soul!”

  7. bob..lupa bilang, ada award buat dirimu, monggo di jemput yoo ๐Ÿ˜€

    • woohoo..!!
      thanks to Devi!
      ntar lagi aku ambil..D


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: